PETANI MUDA UNTUK INDONESIA

GAYA HIDUP SEHAT ALA VEGETARIAN

VEGETARIAN adalah sebutan bagi orang yang hanya makan tumbuh-tumbuhan dan tidak mengonsumsi makanan yang berasal dari makhluk hidup seperti daging dan unggas, namun masih mungkin mengonsumsi produk olahan hewan seperti telur, keju, dan susu.

Gaya hidup sehat ini mulai diminati seiring meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap kesehatan. Meski sejatinya, bangsa Indonesia sejak dulu telah biasa mengkonsumsi buah dan sayuran. Academy of Nutrion and Dietetics pada 2009 mengeluarkan hasil risetnya bahawa pola makan nabati berhubungan dengan rendahnya tekanan darah dan kolesterol. Pola makan ini juga mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2. Secara keseluruhan, pola makan ini mengurangi risiko kanker dan penyakit kronis lainnya. Hanya saja seseorang mesti memiliki perencanaan yang matang saat ingin menjadi vegetarian. Pola makan yang tidak terencana menyebabkan pelakunya berisiko kekurangan nutrisi. Agar seimbang dan sehat, pola makan vegetarian pada dasarnya harus terdiri atas sayur, buah, kacang-kacangan, biji-bijian, dan padi-padian utuh.

Berikut ini merupakan beberapa jenis makanan yang penting untuk memastikan kebutuhan nutrisi :

1. Daun hijau gelap
Sayuran seperti kangkung, bayam, dan caisin, yang mengandung banyak nutrisi untuk tulang yaitu kalsium, magnesium, potassium, dan vitamin K. Daun yang berwarna gelap ini, dengan jumlah yang cukup sudah mencukupi kebutuhan protein dan lemak omega 3 dalam jumlah tidak banyak namun cukup penting untuk tubuh kita. Sayuran dengan daun berwarna gelap ini juga mengandung serat dan antioksidan

2. Kacang-kacangan
Kacang kaya protein, serat dan antioksidan. Inilah sumber protein terbaik dari kerajaan tanaman. Seiring berkembangnya jaman, jenis penyakit semakin beragam. Konon, penyebabnya adalah gaya hidup dan pola makan. Beragam cara untuk sehat pun dilakukan. Mulai dengan rutin berolahraga, cukup tidur, hingga mengkonsumsi makanan ala vegetarian.

3. Berry
Buah ini memiliki kandungan serat paling banyak, ditambah antioksidan yang mampu menigkatkan sistem kekebalan tubuh

4. Biji-bijian
Biji-bijian merupakan sumber penting untuk lemak sehat dan antioksidan seperti vitamin E. makanan ini juga mengandung protein dan karbohidrat.

5. Paprika, wortel, dan tomat

Makanan kaya warna menandakan jumlah nutrisi berlimpah di dalamnya. Rutin mengkonsumsi sayur dan buah aneka warna, meyakinkan kecukupan nutrisi untuk tubuh 
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

More Post

Some More Post

Recent Comments

Social Share

Random Post

Popular Posts

Most Popular