PETANI MUDA UNTUK INDONESIA

MULAI PABRIK TUA HINGGA ATAP STADION

Kini betanam di halaman, atap rumah, balkon apartemen dan lain sebagainya kembali marak di Ibukota Jerman, Berlin.

Bertanam sayuran di pekarangan pernah popular di era 1940-1950an di Jerman. Kebun rumah menjadi satu-satunya cara keluar dari krisis pangan pada masa perang dunia saat itu.

Kini, bertanam di halaman, atap rumah, balkon apartemen dan lain sebagainya kembali marak di Ibukota Jerman, Berlin. Kesadaran warga untuk bisa mendapatkan bahan pangan secara mudah dan murah menjadi penyebabnya.

Prinzeninnengarten di Kreuzberg adalah contohnya. Bekas lokasi industry tersebut, saat ini menjadi “surge hijau” bagi warga sekitar. Lokasi ini sekaligus menjadi tempat warga berkumpul, dan wadah kampanye pemkot tentang manfaat ruang hijau.

Bekas pabrik Malt tua di Berlin juga disulap menjadi lahan pertanian. Selada, paprika, tomat dan sayuran lain ditanam di atap dan bekas lahan parker. Pertanian yang dikelola oleh warga ini mampu menghasilakn25-30 ton sayuran setiap tahun dengan sistem Aquaponik.

Sementara di distrik Kreuzberg, terdapat perusahaan yang menggunakan sebagian lahan kosongnya untuk ditanami sayuran, yang bisa dipetik para pekerja saat panen.

Begitupun stadion sepakbola milik SC Freiburg. Terdapat gagasan untuk pengembangan stadion tersebut yang akan ditanami tomat, selada, rempah pada bagian atap stadion. Sedangkan untuk budidaya ikan dilakukan di lantai dasar stadion.

Sedangkan perusahaan telekomunikasi Nokia di Berlin, mengubah ruangan-ruangan kosong menjadi “lebih hijau”. Di atap gedungnya dipenuhi sayuran dan buah organic, seperti brokoli, kembang kol, cabai dan tomat.

Pendekatan pertanian perkotaan di Berlin telah mampu memberi pandangan baru warga tentang pangan hasil tanaman sendiri. Wargapun sangat antusias untuk melakukannya di halam rumahnya.


Sumber : Majalah IHorti
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

More Post

Some More Post

Recent Comments

Social Share

Random Post

Popular Posts

Most Popular