PETANI MUDA UNTUK INDONESIA

WARGA JEPANG "MENGGILAI" URBAN FARMING

Bagi Jepang konsep urban farming bukanlah hal baru. Sebab negeri matahari terbit ini, merupakan salah satu pelopor konsep bertani di perkotaan.

Di Jepang, hampir sepertiga pasokan produk pertanian di kota-kota besar berasal dari urban farming. Bahkan jumlah petani perkotaan ini mencapai seperempat dari jumlah petani yang ada di Jepang.
Rata-rata produktifitas hasil dari urban farming juga 3% lebuh tinggi dibandingkan lahan pertanian nasional. Begitupun dari segi pendapatan, petani urban farming penghasilannya lebih tinggi 10% dibandingkan petani pedesaan.

Tokyo menjadi kota dengan urban farming paling maju. Sebagai kota besar Tokyo yang dipenuhi gedung pencakar langit, apartemen dan hunian bertingkat lainnya. Ruang hijau dan kebun bagi warga kota pun berpindah tempat ke atap-atap gedung pencakar langit. Beberapa pakar pertanian yang bekerjasama dengan arsitek mengkreasikan lahan beton menjadi taman atau lahan bertani.

Seperti di pusat perbelanjaan Ginza, di sekeliling Matsuya Departement Store, dan kawasan perbelanjaan dan hiburan paling ramai DiverCity Tokyo Plaza, disulap sebagai lahan pertanian. Pengelola Driver City Tokyo Plaza juga menyewakan petak-petak lahan untuk berkebun di gedung tersebut.

Bagi yang belum bisa menumbuhkan tanaman, pemilik gedung akan membantu agar bisa menumbuhkan tanaman yang diinginkan. Berbagai teknologi pertanian perkotaan yang dikembangkan terus juga di ajarkan pada petani kota tersebut.

Menurut data The Ministry of Agriculture, Forestry and Fisheries (MAFF) lebih dari 85% penduduk Tokyo ingin memiliki lahan pertanian untuk menjamin pasokan makanan segar sekaligus ruang terbuka hijau bagi masyarakat.

MAFF bekerjasama dengan kementrian lain juga telah membuat desain lingkungan kota agar bisa mendukung sistem pertanian di perkotaan. Konsep ini pun ditularkan ke kota-kota besar lain di Jepang agar tidak tergantung pasokan hasil pertanian dari desa. (ih/tmr-berbagaisumber)


Sumber : Majalah IHorti
Share:

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

Powered by Blogger.

Search This Blog

Blog Archive

More Post

Some More Post

Recent Comments

Social Share

Random Post

Popular Posts

Most Popular